Sunday, November 25, 2012

Karikatur Pendidikan

           Sistem perkuliahan Indonesia dinilai rancu dan kacau balau, mahasiswa diracuni oleh mata kuliah yang ambigu dan tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka jalankan. Selain itu, mahasiswa kita juga di gembleng oleh organisasi organisasi intrakulikuler yang menggiring mereka untuk berfikir kritis dan opositis.
       Oleh organisasi tersebut, mereka di doktrin untuk menjadi sosial control masyarakat, yang tanpa di sadari mereka justru dijadikan pion pion prajurit dalam kepentingan politik praktis. Setelah mereka menyelesaikan perkuliahan, apa yang mereka dapatkan? apakah masyarakat memberi reward kepada mahasiswa karena mereka telah menjadi sosial control yang baik? apa organisasi tersebut menuntun mahasiswa bertarung dalam medan meraih kebebasan finansial??
        Yang terjadi adalah keterkejutan mahasiswa dalam menghadapi dunia nyata, kekakuan dan ke pasifan, kebingungan massal karena minimnya skill dan knowledge. Karena sikap kritis dan opositis yang tertanam sejak kuliah, maka perlahan mereka menyalahkan pemerintah, presiden, dewan rakyat dll. Kedepannya negara akan berada dalam kondisi chaos karena tingginya tingkat pengangguran dan kriminalitas, oleh karena itu, hendaknya kampus kampus di Indonesia lebih fokus dan terarah dalam materi sistem perkuliahan, yang ingin menjadi profesional berikan skill tentang dunia kerja, yang ingin ber wiraswasta beri pula materi tentang wiraswasta, begitupun yang ingin berpolitik, kampus jangan hanya memikirkan sisi komersil, mahasiswa kuliah, bayar kemudian good bye.
       Kampus juga bertanggung jawab pada kualitas sumber daya manusia yang kelak menjadi penerus bumi Indonesia. Salam..

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger templates

Cloap Program Affiliasi - Cara Mudah cari uang
 
;