Sunday, January 27, 2013

Nyi Roro Kidul


Kali ini, saya pengen nulis apa yang ada di imajinasi saya tentang fenomena Nyi Roro Kidul atau popular dengan Ratu Pantai Selatan alias kanjeng Ratu Kidul, sebuah hikayat mistis yang oleh sebagian masyarakat Jawa telah menjadi sesuatu yang sakral dan keramat. Sekali lagi ini hanyalah sebuah imajinasi, bukan sebuah pemaparan ilmiah yang syarat dengan bukti bukti atau testimoni nyata perihal kebenaran hikayat tersebut. Ini hanya tulisan dari seorang yang bahkan belum pernah menginjakkan kaki di pesisir pantai selatan… hehhehee.

Konon Nyi Roro Kidul ini adalah sebuah makhuk halus dengan sosok wanita cantik yang menguasai wilayah laut Jawa terutama di pesisir pantai selatan. Beliau adalah ratu yang anggun dengan pengikut atau prajurit yang sangat besar. Menurut beberapa masyarakat Jawa, Nyi Roro Kidul menyukai warna hijau sehingga seringkali meminta tumbal manusia yang menggunakan pakaian berwarna hijau. Untuk menghormati beliau, rutin setiap tahunnya atau hari hari tertentu, masyarakat Jawa melakukan ritual tapa disekitar pantai selatan serta memberikan beberapa sesajian yang kemudian di hanyutkan di laut selatan. Hal ini untuk menghindari amarah sang Ratu. Bila sang Ratu marah maka akan banyak korban manusia yang berjatuhan.
Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah siapa sebenarnya Nyi Roro Kidul ini? Apakah hanya sebuah dongeng pengantar tidur bagi anak anak pada jaman dahulu?? Jika hanya sebuah dongeng, lalu mengapa sosok beliau menjadi sangat luar biasa fenomenalnya di pulau Jawa, bahkan legenda ini juga terdapat di wilayah Sumatera meski dengan nama yang berbeda. Di daerah Bengkulu dikenal sosok Dewi Mutiara yang juga digambarkan sebagai penguasa laut berjenis kelamin wanita dimana kisahnya mirip dengan Nyi Roro Kidul. 

Kemudian mari masuk ke imajinasi saya tentang Nyi Roro Kidul, :D… sebelumnya ada baiknya kita membaca sejarah nusantara di masa lampau. Menurut ilmuwan asal Brazil Prof. Arysio Santos dan ilmuwan Inggris Stephen Oppenheimer, bangsa Indonesia adalah sisa sisa bangsa Atlantis yang pernah diceritakan oleh filsuf Yunani Plato, dimana Atlantis merupakan bangsa /kerajaan super power di jaman dahulu, sebuah bangsa yang kaya dan menguasai teknologi, pertanian, perdagangan, militer dsb. Namun sayang bangsa tersebut musnah tenggelam dalam sekejap diakibatkan gempa mahadahsyat yang menyebabkan tsunami besar. Hampir keseluruhan wilayah Atlantis menjadi lautan samudera karena tsunami tersebut. Melalui bukunya, kedua ilmuwan ini memaparkan bukti bukti nyata bahwa Indonesia adalah kerajaan Atlantis.

Nah, menurut imajinasi saya, Nyi Roro Kidul ini adalah salah satu pemimpin dari kerajaan Atlantis yang tenggelam tersebut, atau minimal beliau adalah salah seorang tokoh perempuan kharismatik yang memegang peranan penting di kerajaan Atlantis dan tentu saja sangat dihormati dan disegani oleh masyarakat. Begitu besarnya kecintaan masyarakat kepada beliau sehingga setelah bencana yang menenggelamkan kerajaan Atlantis, masyarakat yang selamat melakukan ritual sesajian sebagai bentuk penghormatan ke lokasi tempat tenggelamnya kerajaan Atlantis yaitu Pantai Selatan. Ritual ini menjadi sebuah kebiasaan turun temurun dari generasi ke generasi sampai sekarang. Kemudian kisah kemahsyuran beliau juga diceritakan dari mulut ke mulut. Nah, rentang waktu dari waktu kejadian tsunami sampai jaman sekarang bisa saja terjadi pergeseran cerita, yang tadinya ratu Nyi Roro Kidul adalah sosok manusia biasa yang punya power dan pesona kharismatik yang begitu tinggi menjadi sosok makhluk halus/ jin wanita yang menguasai Pantai Selatan Jawa dan seringkali meminta tumbal (Ingat bahwa Indonesia rakyatnya terkadang suka lebay.. hehehhee).

Kemudian bagaimana dengan adanya bukti bukti korban tumbal yang sering terjadi di pantai selatan? Aaah saya tetap berpegang teguh pada agama saya, bahwa hidup dan mati seseorang adalah kuasa dari sang maha agung, Allah swt. 

   “Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati kecuali dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barangsiapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barangsiapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat. Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS Ali Imran ayat 145).

Sekali lagi tulisan ini adalah imajinasi saya, bukan merupakan kebenaran mutlak, karena kebenaran mutlak hanyalah milik Allah swt. Untuk pembaca yang ingin share atau kritik tentang tulisan ini, bisa kirim email ke wishnu.mahendra777@gmail.com. Salam. :D

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger templates

Cloap Program Affiliasi - Cara Mudah cari uang
 
;