Sunday, November 25, 2012

Bebas Belenggu

         Sedari kecil kita sudah dibelenggu oleh doktrin dan tradisi, salah satunya adalah konsep berpikir dalam hal meraih cita cita ideal. Dalam lingkup keluarga maupun di lingkungan sosial kita mendapatkan anggukan universal bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan satu satunya pekerjaan yang mulia dan terhormat, sehingga perkerjaan lain menjadi kerdil.
      Sewaktu masih duduk dibangku sekolah, orang tua, guru dan lainnya memberi apresiasi yang tinggi ketika seorang anak mendapat nilai tinggi pada mata pelajaran seperti Matematika, Fisika dan Kimia, sedangkan anak yang berprestasi pada mata pelajaran Olahraga, Menggambar, dan Seni rupa dianggap biasa biasa saja, sehingga bakat anak yang sesungguhnya tidak terasah. Alam bawah sadar kita seolah digiring untuk bekerja di jenjang formal, terutama sebagai pegawai negeri sipil.
       Karena adanya anggukan universal tersebut, seseorang menganggap dirinya baru benar benar bekerja setelah ia diterima diinstansi pemerintah sebagai pegawai negeri. Bekerja di swasta atau pekerjaan non formal lainnya hanya sebuah agenda pengisi waktu untuk menunggu jadwal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sehingga menyebabkan totalitas kinerja di sektor swasta menjadi kurang maksimal. Padahal jika pikiran kita mampu lebih realistis dan terbuka, bekerja sesuai dengan bakat yang kita miliki seperti Atlet, Pengusaha, Artis, Musisi, Penulis dll lebih mendatangkan keuntungan finansial yang lebih besar dibandingkan dengan pegawai negeri sekaligus memberi kebahagiaan batin karena bekerja selaras dengan hobi.
       Untuk itu para remaja diharapkan mampu untuk lebih terbuka dalam hal berpikir menentukan cita cita, mereka harus bisa merdeka dari segala belenggu yang tumbuh subur di tanah Indonesia, sehingga kedepannya kita memiliki tunas tunas yang menggerakkan Indonesia bukan hanya ke depan tapi jauh kedepan.

Be Freedom...
Salam Mahadahsyat!!

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger templates

Cloap Program Affiliasi - Cara Mudah cari uang
 
;